Cara Mengganti Air Accu Aki Basah Yang Baik dan Benar

Cara Mengganti Air Accu Aki Basah

Seperti yang sudah kita ketahui aki yang beredar dipasaran terdiri dari dua tipe yakni aki tipe basah dan aki tipe kering. Keduanya memiliki pebedaan. 
Aki tipe basah memiliki ciri-ciri sebagai berikut : dari segi bentuk yang biasa kita temui pada kendaraan kita khususnya sepeda motor, aki tipe basah ini memiliki ukuran yang lebih besar dari aki tipe kering. Akitipe basah ini pun memiliki bentuk fisik transparan. Maka secara kasat mata kita dapat melihat cairan aki yang ada didalamnya.
Sedangkan ciri-ciri dari aki tipe kering yaitu aki kering memiliki ukuran yang lebih kecil dari aki basah. Secara kasat mata dan secara kasat mata kita tidak dapat melihat cairan yang ada didalamnya karena bentuknya tidak transparan seperti aki basah. Tekadang malah banyak orang yang tidak tahu kalau aki kering juga sama-sama menggunakan cairan accu didalamnya. 
Faktanya selama ini masyarakat  menjuluki aki tipe ini dengan sebutan “aki kering”  karena mereka mengira kalau aki kering itu tidak menggunakan cairan aki. Hemm, ini keliru masal yang bikin greget..!

Untuk jenis cairan aki, agar tidak keliru juga, mari kita simak pebedaan dan kegunaanya, karena cairan aki terdiri dari dua jenis yaitu accu zuur dan air accu. Accu zuur biasa juga disebut sebagai air keras dan asam sulfat. Accu zuur biasanya di kemas dalam bentuk botol berwarna merah bahkan ada yang dikemas dalam bentuk botol air mineral seperti merek aqua namun tutupnya berwarna merah dan ada pula yang di kemas dalam bentuk jeligen dengan dilengkapi selang kecil berwarna jernih. Accu zuur ini digunakan pada aki hanya pada saat cairan aki benar-benar kering atau bisa juga digunakan pada kondisi cairan aki jauh berada dibawah lower level. Accu zuur sangat berbahaya usahakan hindari dari kontak dengan kulit karena bisa membuat gatal-gatal pada kulit.
Sedangkan untuk air accu, biasanya disebut juga dengan sebutan air hujan atau air tambah atau air suling atau air demineralisasi. Air accu di kemas dalam bentuk botol berwana biru dan ada juga yang dikemas dalam bentuk botol seperti botol air mineral dengan tutup botol berwana putih agar mudah membedakannya dengan  accu zuur. Air accu ini tidak berbahaya. Air accu digunakan hanya sebagai penambah accu zuur saja tidak lebih dari itu. Jadi air accu ini hanya bisa dipakai  pada saat accu zuur di dalam aki berada di batas lower level.

Cara Mengganti Air Accu Aki Basah

Bicara soal aki, kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang cara mengganti air aki basah. Aki tipe basah termasuk yang paling rewel. Kita harus rutin secara berkala untuk mengecek kondisi cairan akinya. 

Berikut ini tahapan untuk cara perawatan dan cara ganti air aki basah :

1. Lihat dan pastikan kalau air aki pada aki tipe basah ini tidak berada dibatas lower level. Kalau berada di batas lower lever maka kita harus segera menambahkan air accu (yang berada dalam botol warna biru) kedalamnya dan isikan sampai ke batas upper level.
Cara Mengganti Air Accu Aki Basah

2. Apabila cairan akinya berada jauh di bawah  batas lower level atau bahkan dalam kondisi yang benar-benar kering  tidak ada air akinya sama sekali, maka kita harus segera mengisinya dengan menggunakan accuzuur (dalam kemasan botol berwarna merah) isikan sampai batas upper level, lalu kemudian isikan juga beberapa tetes saja air accu / air suling (warna biru) ke dalamnya.

Cara Mengganti Air Accu Aki Basah
Ilustrasi dengan aki kering

Catatan : kalau aki benar-benar  tidak ada sama sekali arus listrik di dalamnya, maka kita harus segera mengisikan arus listrik atau melakukan pengecasan terhadap aki untuk mempercepat proses pengisian nantinya apabila sudah dipasangkan ke kendaraan dan jangan dulu di starter. coba bawa jalan-jalan dulu kendaraanya khusus motor selama kurang lebih 30 menitan.

Cara Mengganti Air Accu Aki Basah
cas aki pake casan dari adaptor laptop (ilustrasi dengan aki kering)


Terimakasih, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Apabila masih bingung silakan manfatkan kolom komentar untuk bertanya. Tq

Related : Cara Mengganti Air Accu Aki Basah Yang Baik dan Benar

0 Komentar untuk "Cara Mengganti Air Accu Aki Basah Yang Baik dan Benar"