Cara Stel Langsam Karbu PE 28 Ori

Cara Stel Langsam Karbu PE 28 Ori
Karburator PE sudah tidak asing lagi di telinga kita bukan. Ukuran Karbu ini terbilang cukup besar jika dibandingkan dengan karburator yang sering kita jumpai pada motor umumnya, entah itu motor bebek ataupun motor matic. Karbu PE bisa di pasang pada tipe motor apa saja, salah satunya dipasangkan ke motor matic, namun perlu merubah manifol atau leher angsanya agar sesuai.

Kelebihan karbu PE 28 salah satunya yaitu performa dan tarikan  dari karbu keihin PE 28 ini lebih responsif dan relatif mudah diatur. Sehingga sangat cocok untuk dipasangkan ke motor stelan drag race. Namun dibalik kelebihan tentunya juga tidak lepas dari kekurangan. Karbu PE 28 ini terbilang boros bensin dan lagi-lagi cara penyetelan langsamnya yang lumayan agak sulit menjadi kekurangan dari karbu PE 28 ini. Namun terlepas dari itu, karbu keihin PE 28 Original tetap tidak pernah surut dari peminatnya, Khususnya dikalangan kids jaman now.

Tahukah temen-temen kalau karbu PE ini ternyata terdiri dari beberapa ukuran, biasa juga disebut sebagai karburator PE series yaitu ukuran PE 24, PE 28, PE 38. Namun kali saya akan bahas karbu PE 28 untuk cara dan langkah-langkah yang tepat menyetel langsamnya.

Berikut ini langkah dan tahapan menyetting langsam karburator PE 28 :

1. Sediakan obeng min untuk menyetel screw udara atau jarum setelan udara
2. Posisikan motor menjadi standar 2 (standar tengah)
3. Kemudian hidupkan mesin motor
4. Setelah itu, gunakan jemari manis kita (witwiiw) untuk memutar screw langsam yang berwarna kuning searah putaran jarum jam (ke arah kanan ). Putar hingga suara mesin menjadi tinggi dan meraung (biasanya 1 putaran saja sudah meraung) sementar biarkan seperti itu.




5. kemudian kita putar screw setelan udara (berwarna emas  yang berada di bawah sebelah kiri dari setelan langsam) dengan menggunakan obeng min. Putar kekanan searah putaran jarum jam hingga mentok (pada kondisi ini biasanya suara mesin akan mengecil bahkan nyaris mati, namun jangan dibiarkan sampai mati). Kemudian putar kembali ke arah kiri dan cari suara mesin yang paling tinggi (bisanya pada 1 putaran saja, suara mesin sudah meraung tinggi. Idealnya kita bisa mendapatkan putaran tinggi mesin antara 1 sampai 1,5 putaran screw)

Cara Stel Langsam Karbu PE 28 Ori

Catatan : apabila screw stelan angin yang kita putar di bawah 1 putaran saja suara mesin sudah meraung, itu berarti ukuran lubang pilot jetnya kekecilan. Solusinya beli dan ganti yang ukurannya 1 step lebih besar dari ukuran pilot jet yang terpasang pada karbu PE 28 kita. Namun apabila di atas 1,5 putaran suara mesin baru mau berubah menjadi tinggi, itu berarti pilot jetnya kebesaran. Solusinya ganti pilot jetnya dengan ukuran yang lebih kecil satu ukuran dari pilot jet yang terpasang pada karbu kita.

6. Nah tahap selanjutnya kita kembali lagi ke screw setelan langsam. Putar kembali stelan langsam ke arah kiri hingga suara mesin menjadi lebih rendah dan cari suara yang dirasa enak. Ini berfungsi sebagai idle atau yang biasa kita sebut sebagai langsam untuk manasin motor.

Cara Stel Langsam Karbu PE 28 Ori


Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Kalau masih bingung silakan tanyakan saja semoga kita bisa saling bantu. Jika dirasa tulisan ini bermanfaat, share ke temen-temennya ya J


Related : Cara Stel Langsam Karbu PE 28 Ori

2 Komentar untuk "Cara Stel Langsam Karbu PE 28 Ori"

Karbu PE 28 memiliki kekurangan yaitu sulit menemukan jetting atau idle. oleh krna itu prlu perubahan pada bagian spuyer baik itu pilot jet ataupun mine jet kalau tidak ditemukan titik ideal untuk idling. tapi jika karbu pe 28 tidak ada trouble, ya tidak usah ada penggantian jeroan karbu..

Mau tanya mass knpa PE 28 aq gk bisa stasioner ya ..aq pasang di motor beat karbu ..mohn solusinya mas ..mksih