Cara Mengatasi Motor Vixion Brebet, Ini Penyebabnya Bro

Cara Mengatasi Motor Vixion Brebet, Ini Penyebabnya Bro

Penyebab motor vixion mberet brebet itu ada banyak. Kita harus teliti dalam menganalisa sumber masalahnya. Cara termudahnya untuk mengetahui sumber masalah yamaha vixion brebet yaitu dengan cara membaca jumlah kedipan pada MIL (Malfunction Indicator Lamp) yang berwana kuning yang biasanya pada saat kita menyalakan kunci kontak ke ON, maka  lampu indikator ini akan  berkedip 1x dalam durasi waktu agak panjang. Nah ini menandakan kondisi motor dalam keadaan normal. Lain halnya kalau kedipan dari lampu indikator ini lebih dari satu kali. Itu artinya ada masalah pada motor kita.  

Berikut ini cara membaca MIL vixion : apabila MIL berkedip 1,3 detik (kedipan panjang) maka dihitung 10 dan apabila kedipan MIL berdurasi 0,3 detik (kedipan pendek/cepat), maka dihitung 1. Maka apabila ada satu kasus MIL berkedip 1x panjang dan diteruskan dengan 3 kali pendek itu berarti memiliki nilai 10+3 = 13, nilai 13 ini itu artinya sensor intake pressure  bermasalah.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak nilai kedipan beserta kerusakannya :
12 kedipan : crankshaft position sensor ada masalah
13 kedipan : intake air pressure sensor  terbuka  atau terjadi short circuit
14 kedipan : intake air pressure sensor bermasalah
15 kedipan : throttle position sensor terbuka atau terjadi short circuit
16 kedipan : throttle position sensor macet atau lengket
21 kedipan : coolant temperature sensor  terbuka atau terjadi short circuit
22 kedipan : intake air temperature sensor ada masalah
30 kedipan : lean angle sensor ada macet atau lengket
33 kedipan : ignition coil (ada masalah pada koil)
39 kedipan : fuel injector terbuka atau terjadi short circuit
41 kedipan : lean angle sensor
44 kedipan : pembaca serta penulisan pada E2PROM terjadi error
46 kedipan : suplay power ke sistem fuel injection ada masalah
Dan seterusnya. Silakan lihat di tabel

Cara Mengatasi Motor Vixion Brebet, Ini Penyebabnya Bro
tabel nilai kerusakan

Sebelum ke inti dari babhasan kita kali ini, biarkan saya berbagi pengalaman sewaktu pernah mengalami masalah pada motor  vixion punya temen. Jadi begini, waktu itu di pagi hari temen saya datang ke rumah. Biasa lah  sambil bercengkrama, kamipun ngombrol ngalor ngidul.. setalah panjang lebar ngobrol sana sini,  kebetulan dia orang  jawa tapi sudah bisa sedikit-sedikit ngomong sunda dan saya orang sunda. Jadi dia agak medok ngomongnya, dia bilang  “motor aing kenapa brebet. Coba tolong cek!” trus saya tanya balik “kemaren motor normal?”. Dia bilang “kemaren sih normal, tapi pas tadi motor mau dipanasin kok jadi berebg gini ya. Heraan gw”. Saya coba tanya lebih jauh lagi supaya bisa menganalisa sumber masalahnya “kemarin motor vixion ente habis dicuci apa gimana?” dia bilang “ oh iya, kmren gw habis cuci motor”. Saya coba perdalam lagi “nah erarti kemungkinan disitu awal masalahnya, coba sini di cek dulu!”. Awalnya saya curiga ada air yang masuk ke dalam tangki bensin di vixi ini, namun setelah di cek dengan cara disenter ke dalam tangki ternyata tidak ada air sama sekali. Kemudian saya cek busi juga normal. Waktu itu saya masih belum sadar ternyata MIL vixion berkedip tidak normal.

Baca paragraf dibawah ini jangan kelewat 

Nah disinilah inti dari bahasan kita kali ini, saya mulai curiga dan berusaha membaca nilai dari jumlah kedipan MIL dan ternyata benar saja, faktor penyebab vixion brebet bukan karena kemasukan air pada saat motor dicuci atau bukan juga karena busi yang mau sekarat, ternyata sensor trottle injector lepas dari dari soketnya. Setelah saya pasangkan kembali ketempat semula, dan memang benar saja mesin vixion tidak brebet lagi dan menjadi normal kembali.
Perlu diketahui juga, akibat dari motor vixion brebet salah satunya pada saat gas digeber, suara mesin terasa seperti motor kehabisan bensin (yang pernah kehabisan bensin pasti tahu bagaimana sensasinya).


Sekedar share Sedikit pengalaman juga,  kalau masalah temen-temen tidak sama dengan yang pernah saya alami, temen-temen perlu lakukan hal ini:
  • Kalau motor vixion brebet coba cek filter udaranya, apabila kotor langsung bersihkan
  • Cek busi. Apabila umur busi sudah tuwir alias tua, ada kemungkinan busi faktor penyebabnya
  • Cek tangki bensin dan pastikan tidak ada air didalamnya
  • Kalau motor vixion temen-temen brebet nya ngedadak, ada kemungkinan sama kasusnya dengan yang pernah saya alami.



Ok semoga bermanfaat, semoga lekas sembuh (motornya). Apabila ada yang perlu ditanyakan silakan manfaatkan kolom komentar. Terimakasih J

Related : Cara Mengatasi Motor Vixion Brebet, Ini Penyebabnya Bro

2 Komentar untuk "Cara Mengatasi Motor Vixion Brebet, Ini Penyebabnya Bro"

Motor vixion saya brebet setelah di cek lampu indikatornya berkedip pelan 5 kali, dan berkedip cepat 5 kali, jadi total 10 kali.. Mohon petunjuknya... Biar tau kerusakannya...

Ayo Daftar Sekarang, Nikmati Freechip Berlimpah Setiap Hari... Join Disini Banyak Jenis Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.