Cara Atasi Kode 37 Lexi Aerox dan Nmax Langsung Sembuh Total

Cara atasi kode 37 lexi dan Aerox 

hallo teman teman saya disini akan berbagi pengalaman pribadi mengenai kendala selama menggunakan motor yamaha lexi. oh iya motor lexi yang saya pakai sehari hari ini adalah motor yamaha lexi keluaran tahun 2018, namun kode mil 37 /kode 37 lexi aerox nmax ini bisa berlaku untuk semua motor lexi ya bahkan mungkin bisa berlaku juga untuk motor aerox karena kalau diperhatikan motor lexi dengan motor aerox ini kembar tapi tak serupa ya. Mulai dari jeroan mesin hingga part part kelistrikan hampir mirip bahkan nyaris sama. hanya bedanya dari kapasitas ruang bakar dan body saja. yang mana lexi keluaran tahun 2018 hanya dibekali mesin ber cc 125cc saja sedangkan aerox sudah 155cc tahun keluaran 2016. namun kini lexi juga sudah mengeluarkan unit terbarunya di tahun 2024 ini dengan mengupgrade kapasitas ruang bakarnya menjadi 155cc. nah dari beberapa kesamaan diatas, penyakit atau trouble pada sistem kelistrikannya pun juga sama. seperti misalnya kode 12 yang sering menjadi penyakit langganan motor lexi dan juga motor aerox dan ternyata motor Nmax juga penyakitnya sama. jadi kode 12 ini sumber masalahnya yaitu ada di kabel spul yang gosong dan masih banyak lagi masalah yang terjadi motor keluarga maxi ini. seperti misalnya kode 37 lexi Aerox Nmax atau langsam tidak stabil yang pernah saya alami beberapa waktu yang lalu. Jadi kronologinya seperti ini, pada waktu itu saya sengaja ingin servis atau membersihkan injektor yang memang sudah sangat kotor namun memang pada saat itu kondisi motor dalam keadaan normal. singkat cerita saya langsung inisiatif melepas injektor dan beberapa sensor yang nempel di injektor dan sekitarnya karena pikir saya "ah sekalian aja bersihkan semuanya" termasuk bersihkan throotle body atau orang sering sebut TB dan saya juga sekalian bersihkan sensor TB, sensor MAQ dan saya juga melepas ISC atau orang sering menyebutnya sensor ISC padahal ini bukan sensor ya. jadi singkat cerita setelah dibersihkan lalu saya pasangkan kembali. Awalnya masih hare hare aja (santai santai dalam bahasa sunda) karena biasanya setelah servis bagian TB dan injektor di motor honda mah biasanya pasti berhasil dan tidak ada kendala, namun ternyata di motor yamaha ini berbeda kawan. ini yang bikin jengkel, tadinya hanya berniat untuk sekedar membersihkan TB dan injektor saja biar makin oke performanya eh ternyata motor lexi saya malah ngadat. langsamnya tidak bisa stabil kadang juga suka kabur gas dan suka telat gasnya. jadi ketika gas diturunkan bukanya turun raungan atau RPM mesin, ini malah tingi aja RPM nya. sudah berbagai cara dicoba. kalau kata orang sunda mah udah ke kidul kulon wetan tapi tetap hasilnya nihil. udah coba ganjal ISC tapi tetap hasilnya nol. langsam malah semakin error setelah diganjal ISC nya ini. udah dirubah posisi ISC tapi tetap normalnya hanya sesaat saja, setelah beberapa kilo meter dipake jalan, gas dan langsamnya error lagi dan muncul kode 37 nya. Akhirnya saja coba pergi ke bengkel resmi yamaha yang ada di daerah pelabuhan ratu sukabumi yaitu DETA PLARA. disana saya konsultasikan agar bisa dilakukan proses RESET ECU. Dan setelah reset ecu, alhamdulillah akhirnya motor lexi saya langsamnya kembali normal lagi dan gasnya tidak telat/tidak delay lagi. dan biaya nya pun tidak terlalu menguras kantong. di akhir artikel akan saya cantumkan biaya servisnya ya temen teman. Jadi dapat kita simpulkan dari rangkaian cerita pengalaman saya ini mengenai motor lexi muncul kode 37 lexi Aerox NMax atau langsam tidak stabil, solusi utamanya yaitu dengan cara RESET ECU. dengan catatan kondisi isc pada saat sbelum ada trouble langsam tidak stabil konsinya  masih normal, jadi jika setelah di reset ecu ternyata langsam masih tidak normal maka ada kemungkinan ISC nya mungkin bermasalah. 

 POINT DALAM ARTIKEL INI : 

1. jangan ganjal ISC 
2. reset ecu di bengkel resmi/di bengkel yang ada alat untuk reset ecu 
3. jika setelah reset ecu langsamnya masih error coba ganti isc dulu pakai bekas teman atau bisa langsung ganti baru jika memang kondisi fisik isc sudah rusak. 
4. biaya servis dan reset ecu yaitu sebesar Rp. 65.000 ok, sekian dulu artikel cara atasi kode 37 lexi atau kode 37 aerox kali ini. 

semoga ada manfaatnya ya. assalamualaikum 

Video Cara atasi kode 37 lexi dan aerox :

Related : Cara Atasi Kode 37 Lexi Aerox dan Nmax Langsung Sembuh Total

0 Komentar untuk "Cara Atasi Kode 37 Lexi Aerox dan Nmax Langsung Sembuh Total"