Cara Membuat Pengirit BBM dengan Kapasitor Bank

Cara Membuat pengirit BBM dengan Kapasitor Bank

Menghemat bahan bakar dengan menggunakan kapasitor bank atau biasa juga disebut  elco bipolar atau juga disebut kapasitor akhir –akhir ini menjadi viral. Capacitor bank  juga sebagai alat  booster pengapian. Pasalnya untuk menghemat bbm dengan cara ini terbilang ampuh dan bisa dikatakan cukup murah jika dibandingkan dengan alat penghemat BBM lainnnya yang di jual dipasaran seperti misalnya penghemat BBM 9power. Penghemat BBM ini selain bisa diaplikasikan pada sepeda motor bisa juga digunakan untuk mobil hanya yang membedakan dari nilai farad nya saja. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Kapasitor bank komponen utamanya adalah elco bipolar (kapasitor).

Kapasitor yang kita gunakan untuk menghemat dan mengirit BBM ini yaitu kapasitor 10.000 uF (microfarad)dengan 80 volt. Kita bisa dengan mudah membeli komponen elektronik ini di toko toko elektronik dengan harga yang boleh dibilang terjangkau.setiap daerah berbeda beda namun kita ambil rata-ratanya saja biasanya harganya sekitar 40rb an harga yang bisa dibilang terjangkau apabila kita melihat dengan hasilnya yang luar biasa terhadap kendaraan kita khususnya pada sepeda motor.

Catatan : temen-temen juga bisa membeli kapasitor dengan nilai farad yang lebih kecil yang tentunya lebih murah, namun harus membeli lebih dari satu supaya bisa menyamai nilai 10.000 uF

Fungsi dari kapasitor bank selain untuk pengirit bahan bakar juga sebagai :
  • Penstabil tegangan aki dan kelistrikan pada sepeda motor
  • Pengawet aki motor
  • Mengoptimalkan sistem  kerja komponen kelistrikan
  • Dan bisa membantu kerja aki apabila pada sepeda motor telah dipasang aksesoris aksesoris seperti lampu HID proji dan lain-lain.
Perlu diketahuiu juga ketika kita membeli elco ini pastikan barang yang kita beli tidak palsu, karena banyak beredar elco yang tampilan luarnya menjanjikan tapi bagian dalamnya amburadul. Maka dari itu hati-hatilah. Belilah elco dengan merek yang bagus seperti merek Rubyco, Elna dan Panasonic.

Berikut ini tahapan untuk membuat alat penghemat bahan bakar ini :
  1. Sediakan solder (bagian ini opsional karena tidak adapun juga tidak apa apa, karena ini hanya rekomendasi dari saya agar sambungan antar kabel tidak mudah lepas)
  2. Sediakan kabel secukupnya (usahakan kabelnya dua warna yakni warna merah dan hitam untuk membedakan positif dan negatif )
  3. Dan tentunya yang paling wajib, sediakan kapasitor  satu saja sudah cukup (10.000 uF/80volt).

Tahap perakitannya sangat simpel dan mudah bahkan saya rasa tidak akan membingungkan pemula.

Berikut ini tahapannya:

1. Ambil dan gunakan kabel warna merah dan hitam lalu rekatkan ke kaki kaki dari elco. Kabel warna merah tempelkan dan rekatkan ke kaki elco positif dan kabel warna hitam dipasang ke kaki negatif elco (disarankan menggunakan solder agar tidak mudah lepas)

Cara Membuat pengirit BBM dengan Kapasitor Bank

2. Setelah kabel dipasangkan ke kedua kaki dari kapasitor bank, kini saatnya kita pasangkan kabel ke kutub positif dan negatif dari aki. Pasangkan kabel warna merah ke kutub positif dari aki dan kabel warna hitam dipasangkan ke kutub negatif dari aki. Untuk ini kita bisa melilitkan kebel ke kutub aki tanpa menggunakan solder.

Cara Membuat pengirit BBM dengan Kapasitor Bank



Seperti yang sudah saya bilang di atas, alat penghemat BBM ini sangat multi guna, selain untuk mengirit bensin, juga bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk mengawetkan aki.

For your information : Untuk cara pemasangannya sendiri sebetulnya ada banyak versi. Bisa dipasang dengan cara diparalelkan apabila kapasitornya lebih dari satu dengan nilai farad yang kecil, ada pula yang menggunakan nilai farad dari kapasitor yang lebih besar dari 10.000 uF, serta ada juga yang merangkainya menggunakan papan PCB dan disertakan dengan rangkaian eletronik lainnya agar pada alat pengirit ini hanya bisa digunakan pada saat kunci kontak ON.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Apabila ada yang ditanyakan silakan manfaatkan kolom komentar dan jangan lupa sampaikan saran dan kritiknya di kolom komentar. Terimakasih

Related : Cara Membuat Pengirit BBM dengan Kapasitor Bank

3 Komentar untuk "Cara Membuat Pengirit BBM dengan Kapasitor Bank"

kl untuk mobil pakai kapasitor ukutan brp ?

apakah ada ukuran kapasitor masing2 mobil om terkususnya yg 1400cc bensin.. ato ttp mnggukan 10000 uf.80v
krn ada jg sy liat yg rangkai bnyak kapasitor tpi 50v