Cara Stel Karbu Mio Pasti pas dan Irit

Cara Stel Karbu Mio Pasti pas dan Irit

Bicara soal motor memang tidak ada matinya. Dari tahun ke tahun, generasi ke generasi selalu ada terobosan teknologi baru yang luar biasa. Salah satunya yaitu karburator. Karburator adalah suku cadang pada kendaraan berbahan bakar bensin yang sangat penting fungsinya. Coba bayangkan saja kalau kendaraan berbahan bakar bensin tidak ada karburatornya? Bagaimana mungkin kendaran bisa digunakan secara semestinya bila karburatornya tidak ada. Didorong?!

Kita ambil contoh karburator mio. Motor yamaha mio sangat banyak penggunanya di Indonesia entah itu orang tua ataupun anak muda. Namun di sini saya akan bahas tentang problem yang sering terjadi dan sering dikeluhkan oleh sebagian bahkan mungkin hampir semua pengguna motor matic yamaha. Salah satunya masalah pada karburator. Perlu kita ketahui, biasanya gejala atau tanda  dari bermasalahnya karbu mio diantaranya mesin motor mio sering mati di jalan turunan kalau motor dibawa pelan, langsam tidak stabil dan mesin sering mati, motor susah hidup di pagi hari, knalpot bersin-bersin dan yang paling bikin rugi yakni borosnya penggunakan bahan bakar. Nah itu dia bebrapa diantaranya gejala yang sering terjadi pada karbumio. Sebentar kang! Terus gimana cara mengatasinya supaya motor mio saya jadi irit kembali? Tenang tenang.. slow down cowboy..!

Nah ngebahas  soal irit dan boros, sebenarnya itu tergantung dari cara setting karburatornya. Kalau saja cara stel karburator nya kurang tepat, maka hasilnya pun kurang memuaskan.

Maka dari itu, berikut ini cara setting setelan udara karbuyamaha mio :

1. Sediakan obeng min plus gunanya untuk mengatur screw langsam dan screw udara

2. Sebelumnya posisikan terlebih dulu motor mio menjadi standar dua (standar tengah)

3. Kemudian hidupkan mesin motor mio

4. Setelah itu, putar screw atau jarum langsam menggunakan obeng plus ke arah kanan searah putaran jarum jam hingga suara mesin menjadi tinggi meraung (biasanya 1,5 putaran penuh saja sudah meraung, intinya sesuaikan dengan keadaan motor mio temen-temen) biarkan dalam kondisi seperti  itu.

Cara Stel Karbu Mio Pasti pas dan Irit
Screw langsam

5. Selanjutnya kita pindah ke screw atau jarum setelan angin yang berwarna emas. Putar jarum menggunakan obeng min ke arah kanan searah putaran jarum jam hingga mentok (dalam kondisi seperti ini biasanya suara mesin mio akan mengecil bahkan nyaris mati dan jangan sampai dibiarkan mati). Setelah itu putar kembali ke arah kiri dan cari suara mesin yang paling tinggi.

Cara Stel Karbu Mio Pasti pas dan Irit
Screw Udara


For Your Information : untuk karbu tipe vakum (yang dipakai oleh motor mio series), putaran mesin tertinggi biasanya bisa didapatkan pada 2,5  sampai 2,8 putaran screw.  Sedangkan untuk karbu tipe skep (karbu ini umum digunakan di motor bebek), putaran mesin tertinggi  biasanya bisa didapatkan pada 1,5 sampai 1,8 putaran screw. Nah, intinya cari dan temukan putaran mesin tertinggi, maka disitulah stelan karburator yang pas. Ingat! Cari suara mesin yang paling tinggi.
6. Setelah selesai menemukan putaran mesin tertinggi, kini saatnya beralih ke jarum setelan langsam. Putar jarum langsam ke arah kiri hingga suara mesin mengecil dan carilah suara mesin yang paling enak untuk idle. Ini berfungsi sebagai langsam .

Cara Stel Karbu Mio Pasti pas dan Irit
Screw langsam
7. Setalah itu, coba raung-raungkan mesin motor dan pastikan tidak ada suara mbrebet brebet. Kalau masih ada suara mberet brebet coba putar kembali jarum setelan angin ke arah kiri atau ke arah kanan (putar sedikit saja) dan cari putaran tertingginya lagi, lakukan hingga suara mberebet benar-benar hilang.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Kalau masih bingung silakan tanyakan saja semoga kita bisa saling bantu. Jika dirasa tulisan ini bermanfaat, share ke temen-temennya ya J

Related : Cara Stel Karbu Mio Pasti pas dan Irit

45 Komentar untuk "Cara Stel Karbu Mio Pasti pas dan Irit"

Mari bergabung bersama kami sekarang di WDQQ . ONLINE
Disini mudah menang lohh say..
Tersedia 8 Games dalam 1 id
Minimal Depo & WD hanya 50 ribu saja
Ada bonus menarik lain yang menunggu di WDQQ . ONLINE
Contact :
BBM : D8B8BD43
Line : wedeqq
WhatsApp : +855-882-626-517 ( 24 jam Online )
Tunggu apa lagi sayy...
Ayoo daftar di WDQQ . ONLINE

Thanks banget infonya mas, saya jadi tahu nih cara stem karbu mio say.

Masbro klo posisi motor lagi jalan trus klo pelan" suka ndut ndutan tpi mesin ga mati apanya ya?

Tks mas bro sy jadi tau stel langsam

Mantabs mas bro,,bermanfaat sekali..

Busi nya minta ganti karna tenaga strum nya kurang

bosku mau tanya, kenapa motor saya susah turun langsam saat kita ulur tali gas, dan boros bahan bakar ? saya pake motor mio sporty tolong info nya bosku

Mio sporty ngempos bos di gas pull ga ada tenaga nya

Kenapa motor mio soul saya mati terus padahal sudah dibersihkan kabruratornya

Bos knp vakum karbu mio sporty setelah diganti baru malahan gak bertenaga klo dikasih jalan.baru awal jalan tarik gas juga berat lari

Bang kalok turun gas knalpot emvak tuh knpa yah bang

Makasih agan sangat bermanfaaat info nya

Cara setel motor klx vakum berbet

Bukanya dgn posisi suara raungan tertinggi itu terlalu irit bbm bos, sehingga mesin cepat panas, alhasil komponen lain cepat rusak.

Kalau di setelan angin di putar kekiri 2,5 putaran tp mesin blm meraung itu apanya ya yg salah....

Maaf saya kurang faham, maksudnya putaran screw 2,5 itu gmna

Soalnya mio saya brebet dari karbunya trus klo lagi maju knalpot nya suka bersin bersin gtu

Sama bang mio saya juga gtu penyakit nya

Obeng min di baut stelan angin di putar araah buka setelah di tutup total 2,5 putaran obeng

Mas, saya sudah ikuti cara mas, enak sih tarikan mantap, tidak brebet tapi mslhnya mnyak jadi boros, gmn solusinya mas smntara karbu saya baru, mohon pencerahan mas

Bang mau nanya, saya ikuti cara abg emang sih mantap tapi kok boros bahan bakar ya?

Tapi jadi boros,gmn itu mas

Kalau ndak salah posisi raungan tertinggi itu pas posisi setelan boros karena campuran kaya bahan bakar. Agar setelan karbu ndak boros putar lagi ke kiri hingga suara raungan menurun.

Vakum skep minta ganti baru atau filternya ganti baru.

Dugaan pertama dari vakum skep, dugaan ke 2 dari filter, dugaan ke 3 setelan angin kurang pas.

Kalau ingin irit putaran screwnya 2 putaran saja

Klau susah hidup saat mesin dingin tu gmn cara setelan pas nya..(krbu pe24)

Mio karbu saya sudah sayah putar 2,5 putaran. Tp pas tutup gas kok msh ada letupan kecil di knalpot ya bang

Mio karbu saya susah langsam bos,apa dari karet membrannya atau apanya bos

coba putaran setelan angin nya di buka lagi menjadi 3,5 / 4 putaran insha allah irit lagi

Coba ganti yg mirip kaya koin yg ada di dalam karbu

mio saya justru raungan tertinggi ada di 3,5 putaran lebih dikit suara alus bulet tapi tenaga smooth tapi kalo tenaga besar ada di 3 putaran kurang dikit cuman langsamnya kecil dan geter..

ganti aja karbu punya grand kalau mau irit, sistem ais dilepas