Cara Stel Langsam RX King Biar Bertenaga Dan Irit

Cara Stel Langsam RX King Biar Bertenaga Dan Irit

Motor RX King adalah motor gahar yang biasa juga disebut  sebagai motor jambret. Karena motor ini bertenaga luar biasa, maka disinilah mungkin alasannya di pakai untuk ngejambret (mungkin).
Yamaha Rx king adalah sepeda motor dengan mesin 2 tak (2 langkah) berkapasitas 132 cc yang dibulatkan menjadi 135cc karena jika dihitung dengan ruang yang ada diatas kepala piston tempat menempelnya busi.

Bicara soal Rx king, pastinya yang sudah ada dipikiran kita kalau motor Rx King itu boros, motor yamaha Rx King itu suaranya bikin bising dan lain lain sebagainya. Kenapa motor Rx King itu bising? Itu karena motor RxKing mesinnya 2 tak,  pun juga desain dan bentuk knalpotnya macam begitu. Malah makin greget deh ke telinga rasanya. Apalagi yang dengerinnya lagi sakit gigi. Ditelan kayaknya itu motor! . Anyway busway, ternyata motor Rx King itu bisa dibuat irit. Apakah bisa kang? Tentu bisa. Kita hanya perlu mensetting setelan langsam karbunya saja sudah lumayan efektif untuk membuat  yamaha Rx King tidak boros bensin. Namun dengan catatan kkita harus teliti dalam menyetelnya. Karena salah sedikit saja, bukannya irit malah ngabisin duit. Jadi disini saya mau berbagi pengalaman saya sewaktu dulu pernah menjadi majikan motor jambret ini.

For your information ya, ternyata julukan yamaha Rx King boros BBM itu ternyata memang benar dan saya sudah mengalaminya sendiri. Dulu saya bisa menghabiskan sekitar 2 liter bensin hanya dalam menempuh jarak sekitar 3 km saja. Wow banget, padahal waktu itu saya masih sekolah. Wah kebayang kan gimana kurusnya badan saya akibat jarang  jajan karena uangnya habis buat beli bensin doang. Sengaja saya setting setelan karbunya menjadi setelan boros karena untuk mengimbangi kondisi mesin yang sudah di oversize.

Ok kembali ke topik. Motor Rx King juga bisa kita setting menjadi lebih irit tetapi tetap bertenaga. 

Berikut ini caranya :
1. Sediakan obeng min plus untuk setel langsam karbunya
2. Sebelum ketahap penyetelan langsam karbu, ada baiknya periksa dulu filter udara (biasanya untuk motor Rx King yang masih standaran masih ada filter udaranya, namun bagi yang tidak ada filter udaranya, yasudah biarkan saja kita lanjut ketahap selanjutnya). Untuk memastikan kalau filter udara masih bisa digunakan, maka lihat dan pastikan tidak ada kerusakan atau kotoran yang menyumbat filter udara. apabila memang sudah benar-benar rusak, maka sebaiknya langsung diganti saja dengan yang baru. Namun apabila hanya kotor saja, sebaiknya langsung dibersihkan.


3. Setelah selesai memeriksa filter udara, cek juga kondisi busi. Pastikan busi memercikan api berwarna biru keungu-unguan.

4. Setelah busi selesai di cek, kini saatnya ke tahap stel karbu. Tapi sebelumnya pastikan dulu jeroan karbu dalam keadaan bersih. Caranya bongkar karbu lalu bersihkan menggunakan koas dan bensin dan alat pendukung lainnya.

5. Ok anggap saja kita sudah selesai membersihkan jeroan karbu. Kemudian pasang kembali karbu ketempat semula. Kini saatnya proses yang paling ditunggu-tunggu yang membuat jantung berdebar lebih kencang dari biasanya (halah lebay, kids jaman now)

Tahapan cara menyetel langsam sebagai berikut :
1. Pastikan motor di standar dua, lalu hidupkan mesin
2. Lalu putar screw atau jarum langsam menggunakan obeng plus ke arah kanan hingga suara mesin meraung (biasanya diputar sekitar 2 putaran saja suara mesin sudah tinggi) dan biarkan seperti itu jangan dulu diputar ke kiri.

Cara Stel Langsam RX King Biar Bertenaga Dan Irit


3. Setelah itu, putar juga screw atau jarum stelan udara menggunakan obeng min ke arah kanan hingga mentok (pada kondisi ini biasanya suara mesin akan mengecil bahkan nyaris mati), setalah itu langsung putar kembali ke arah kiri perlahan dan carilah suara mesin dengan  raungan  tertinggi (biasanya berada diantara 1 sampai 2 putaran) intinya cari di putaran berapa suara mesin yang paling tinggi

Cara Stel Langsam RX King Biar Bertenaga Dan Irit


4. Setelah mendapatkan suara mesin yang paling tinggi, kemudian kita kembali ke screw langsam yang tadi sebelumnya kita putar. Putar kembali screw langsam ke arah kiri menggunakan obeng plus hingga suara mesin mengecil dan cari putaran mesin yang dirasa enak. Ini berfungsi sebagai idle atau biasa kita sebut langsang untuk manasin  mesin di pagi hari.

Cara Stel Langsam RX King Biar Bertenaga Dan Irit





5. Setelah semua selesai, coba raung-raungkan motor dan pastikan tidak ada suara mberet brebet. Kalau masih ada suara brebet coba putar kembali screw stelan udara ke arah kiri atau kanan sambil mesin diraung-raung hingga tidak ada lagi suara mberebet berebet.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Kalau masih bingung silakan tanyakan saja semoga kita bisa saling bantu. Jika dirasa tulisan ini bermanfaat, share ke temen-temennya ya J

Related : Cara Stel Langsam RX King Biar Bertenaga Dan Irit

10 Komentar untuk "Cara Stel Langsam RX King Biar Bertenaga Dan Irit"

Mari bergabung bersama kami sekarang di WDQQ . ONLINE
Disini mudah menang lohh say.....
Tersedia 8 Games dalam 1 id
Minimal Depo & WD hanya 50 ribu saja
Ada bonus menarik lain yang menunggu di WDQQ . ONLINE
Contact :
BBM : D8B8BD43
Line : wedeqq
WhatsApp : +855-882-626-517 ( 24 jam Online )
Tunggu apa lagi sayy
Ayoo daftar di WDQQ . ONLINE

Punya saya gak mau di lamsam meskipun baud lamsam udah mentok ke kanan

Saya punya Jupiter mx new pake karbu Rx king langsam sih digas enak responsif tapi bensin pertamax92 (2 liter) abis dalam 4 🙏hari itu gmna y supaya irit lagi

Sangat bermanfaat sekali bang.. Terimakasih. Setelan basah RX king saya sudah pas, pake knalpot Boban Nuklir..

Udah awet itu bang kalau mau lebih awet lagi pin jarum nya di buat paling atas

Punya saya malahan gabisa boros boros solusinya gimna ya padahal pin jarum sudah paling bawah dan screw angin juga udh mentok nutup

Kalo masalah jarung skip itu bagusan kebawahin apa paling atas?

Kalau di skip lima jarum nya gimna boros engga

motor rx king saya mau lamsam. tapi pas jalan, suaranya brebet. itu kendalanya dimana ya???