Menghemat bahan bakar dengan menggunakan kapasitor bank atau
biasa juga disebut elco bipolar atau
juga disebut kapasitor akhir –akhir ini menjadi viral. Capacitor bank juga sebagai alat booster pengapian. Pasalnya untuk menghemat
bbm dengan cara ini terbilang ampuh dan bisa dikatakan cukup murah jika dibandingkan
dengan alat penghemat BBM lainnnya yang di jual dipasaran seperti misalnya penghemat
BBM 9power. Penghemat BBM ini selain bisa diaplikasikan pada sepeda motor bisa
juga digunakan untuk mobil hanya yang membedakan dari nilai farad nya saja. Seperti
yang sudah disebutkan di atas, Kapasitor bank komponen utamanya adalah elco
bipolar (kapasitor).
Kapasitor yang kita gunakan untuk menghemat dan mengirit
BBM ini yaitu kapasitor 10.000 uF (microfarad)dengan 80 volt. Kita bisa dengan mudah membeli komponen elektronik ini di toko
toko elektronik dengan harga yang boleh dibilang terjangkau.setiap daerah
berbeda beda namun kita ambil rata-ratanya saja biasanya harganya sekitar 40rb
an harga yang bisa dibilang terjangkau apabila kita melihat dengan hasilnya
yang luar biasa terhadap kendaraan kita khususnya pada sepeda motor.
Catatan : temen-temen juga bisa membeli kapasitor dengan
nilai farad yang lebih kecil yang tentunya lebih murah, namun harus membeli
lebih dari satu supaya bisa menyamai nilai 10.000 uF
Fungsi dari kapasitor bank selain untuk pengirit bahan bakar
juga sebagai :
- Penstabil tegangan aki dan kelistrikan pada sepeda motor
- Pengawet aki motor
- Mengoptimalkan sistem kerja komponen kelistrikan
- Dan bisa membantu kerja aki apabila pada sepeda motor telah dipasang aksesoris aksesoris seperti lampu HID proji dan lain-lain.
Perlu diketahuiu juga ketika kita membeli elco ini pastikan
barang yang kita beli tidak palsu, karena banyak beredar elco yang tampilan
luarnya menjanjikan tapi bagian dalamnya amburadul. Maka dari itu hati-hatilah.
Belilah elco dengan merek yang bagus seperti merek Rubyco, Elna dan Panasonic.
Berikut ini tahapan untuk membuat alat penghemat bahan bakar
ini :
- Sediakan solder (bagian ini opsional karena tidak adapun juga tidak apa apa, karena ini hanya rekomendasi dari saya agar sambungan antar kabel tidak mudah lepas)
- Sediakan kabel secukupnya (usahakan kabelnya dua warna yakni warna merah dan hitam untuk membedakan positif dan negatif )
- Dan tentunya yang paling wajib, sediakan kapasitor satu saja sudah cukup (10.000 uF/80volt).
Tahap perakitannya sangat simpel dan mudah bahkan saya rasa tidak
akan membingungkan pemula.
Berikut ini tahapannya:
1. Ambil dan gunakan kabel warna merah dan hitam lalu
rekatkan ke kaki kaki dari elco. Kabel warna merah tempelkan dan rekatkan ke
kaki elco positif dan kabel warna hitam dipasang ke kaki negatif elco (disarankan
menggunakan solder agar tidak mudah lepas)
Baca juga : Cara Membuat Treker CVT Murah dari Barang Bekas
2. Setelah kabel dipasangkan ke kedua kaki dari kapasitor
bank, kini saatnya kita pasangkan kabel ke kutub positif dan negatif dari aki. Pasangkan
kabel warna merah ke kutub positif dari aki dan kabel warna hitam dipasangkan
ke kutub negatif dari aki. Untuk ini kita bisa melilitkan kebel ke kutub aki
tanpa menggunakan solder.
Baca juga : Rahasia Cara Perbesar Pengapian Motor
Seperti yang sudah saya bilang di atas, alat penghemat BBM
ini sangat multi guna, selain untuk mengirit bensin, juga bisa dimanfaatkan
sebagai alat untuk mengawetkan aki.
For your information : Untuk cara pemasangannya sendiri
sebetulnya ada banyak versi. Bisa dipasang dengan cara diparalelkan apabila
kapasitornya lebih dari satu dengan nilai farad yang kecil, ada pula yang
menggunakan nilai farad dari kapasitor yang lebih besar dari 10.000 uF, serta ada juga yang
merangkainya menggunakan papan PCB dan disertakan dengan rangkaian eletronik
lainnya agar pada alat pengirit ini hanya bisa digunakan pada saat kunci kontak
ON.
8 Komentar untuk "Cara Membuat Pengirit BBM dengan Kapasitor Bank"
kl untuk mobil pakai kapasitor ukutan brp ?
apakah ada ukuran kapasitor masing2 mobil om terkususnya yg 1400cc bensin.. ato ttp mnggukan 10000 uf.80v
krn ada jg sy liat yg rangkai bnyak kapasitor tpi 50v
Coba
Begitu motor posisi off maka arus dari aki akan kembali ke elco. Alhasil besok nya gak bisa di dible starter motor nya hehehe
Klo mau pasang elco ambil kabel positif nya di deket kunci kontak setelah diputar on maka nyala. Ambil kabel positif hitam di deket kontak klo motor honda...kasih dioda 6 amper yg mengarah keluar dari elco positif...dan untuk yg ground negatif ambil negatif nya dari body motor dan kasih dioda 6 amper yg mengarah masuk ke negatif dioda nya...untuk ukuran elcho pakai yg 100volt 15.000uf. Jgn lupa tambahkan sikring 10 amper di positif setelah jalur diodanya...amankan elcho jgn sampai terkena air dan terguncang.
Klo mau lebih sederhana lagi..pengawet aki nya yaitu...dgn memaksimal kan ground stabilizer nya sendiri...gimana caranya...hehehehehe penasaran ya
Kelistrikan tiap tiap motor berbeda kebutuhan nya...coba cari rumus perhitungan kapasitas listrik untuk motor
Kalau elco dipasang dikonci kontak , plus dari elco ke kabel warna apa di konci kontak, min dari elco ke kabel warna apa dikonci kontak honda vario 110 techno mohon diberitahu teima kasih.