Bicara soal motor memang tidak ada matinya. Dari tahun ke
tahun, generasi ke generasi selalu ada terobosan teknologi baru yang luar
biasa. Salah satunya yaitu karburator. Karburator adalah suku cadang pada kendaraan
berbahan bakar bensin yang sangat penting fungsinya. Coba bayangkan saja kalau
kendaraan berbahan bakar bensin tidak ada karburatornya? Bagaimana mungkin
kendaran bisa digunakan secara semestinya bila karburatornya tidak ada.
Didorong?!
Kita ambil contoh karburator mio. Motor yamaha mio sangat banyak
penggunanya di Indonesia entah itu orang tua ataupun anak muda. Namun di sini
saya akan bahas tentang problem yang sering terjadi dan sering dikeluhkan oleh
sebagian bahkan mungkin hampir semua pengguna motor matic yamaha. Salah satunya
masalah pada karburator. Perlu kita ketahui, biasanya gejala atau tanda dari bermasalahnya karbu mio diantaranya mesin
motor mio sering mati di jalan turunan kalau motor dibawa pelan, langsam tidak
stabil dan mesin sering mati, motor susah hidup di pagi hari, knalpot
bersin-bersin dan yang paling bikin rugi yakni borosnya penggunakan bahan
bakar. Nah itu dia bebrapa diantaranya gejala yang sering terjadi pada karbumio. Sebentar kang! Terus gimana cara mengatasinya supaya motor mio saya jadi
irit kembali? Tenang tenang.. slow down cowboy..!
Nah ngebahas soal
irit dan boros, sebenarnya itu tergantung dari cara setting karburatornya. Kalau
saja cara stel karburator nya kurang tepat, maka hasilnya pun kurang memuaskan.
Maka dari itu, berikut ini cara setting setelan udara karbuyamaha mio :
1. Sediakan obeng min plus gunanya untuk mengatur screw
langsam dan screw udara
2. Sebelumnya posisikan terlebih dulu motor mio menjadi
standar dua (standar tengah)
3. Kemudian hidupkan mesin motor mio
4. Setelah itu, putar screw atau jarum langsam menggunakan
obeng plus ke arah kanan searah putaran jarum jam hingga suara mesin menjadi
tinggi meraung (biasanya 1,5 putaran penuh saja sudah meraung, intinya
sesuaikan dengan keadaan motor mio temen-temen) biarkan dalam kondisi
seperti itu.
Screw langsam |
5. Selanjutnya kita pindah ke screw atau jarum setelan angin
yang berwarna emas. Putar jarum menggunakan obeng min ke arah kanan searah
putaran jarum jam hingga mentok (dalam kondisi seperti ini biasanya suara mesin
mio akan mengecil bahkan nyaris mati dan jangan sampai dibiarkan mati). Setelah
itu putar kembali ke arah kiri dan cari suara mesin yang p🏳️
Screw Udara |
For Your Information : untuk karbu tipe vakum (yang dipakai oleh
motor mio series), putaran mesin tertinggi biasanya bisa didapatkan pada
2,5 sampai 2,8 putaran screw. Sedangkan untuk karbu tipe skep (karbu ini umum
digunakan di motor bebek), putaran mesin tertinggi biasanya bisa didapatkan pada 1,5 sampai 1,8
putaran screw. Nah, intinya cari dan temukan putaran mesin tertinggi, maka
disitulah stelan karburator yang pas. Ingat! Cari suara mesin yang paling
tinggi.
6. Setelah selesai menemukan putaran mesin tertinggi, kini
saatnya beralih ke jarum setelan langsam. Putar jarum langsam ke arah kiri
hingga suara mesin mengecil dan carilah suara mesin yang paling enak untuk
idle. Ini berfungsi sebagai langsam .
Screw langsam |
7. Setalah itu, coba raung-raungkan mesin motor dan pastikan
tidak ada suara mbrebet brebet. Kalau masih ada suara mberet brebet coba putar
kembali jarum setelan angin ke arah kiri atau ke arah kanan (putar sedikit saja)
dan cari putaran tertingginya lagi, lakukan hingga suara mberebet benar-benar
hilang.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Kalau masih bingung
silakan tanyakan saja semoga kita bisa saling bantu. Jika dirasa tulisan ini
bermanfaat, share ke temen-temennya ya
52 Komentar untuk "Cara Stel Karbu Mio Pasti pas dan Irit"
Sip nice share
Mari bergabung bersama kami sekarang di WDQQ . ONLINE
Disini mudah menang lohh say..
Tersedia 8 Games dalam 1 id
Minimal Depo & WD hanya 50 ribu saja
Ada bonus menarik lain yang menunggu di WDQQ . ONLINE
Contact :
BBM : D8B8BD43
Line : wedeqq
WhatsApp : +855-882-626-517 ( 24 jam Online )
Tunggu apa lagi sayy...
Ayoo daftar di WDQQ . ONLINE
Thanks banget infonya mas, saya jadi tahu nih cara stem karbu mio say.
Top mantabs..
Thans mas...sangat membantu
Thans mas...sangat membantu
Joss
Makasih banyak mas bro
Masbro klo posisi motor lagi jalan trus klo pelan" suka ndut ndutan tpi mesin ga mati apanya ya?
Tks mas bro sy jadi tau stel langsam
Mantabs mas bro,,bermanfaat sekali..
Busi nya minta ganti karna tenaga strum nya kurang
bosku mau tanya, kenapa motor saya susah turun langsam saat kita ulur tali gas, dan boros bahan bakar ? saya pake motor mio sporty tolong info nya bosku
Vakum karbu minta di ganti itu
Mio sporty ngempos bos di gas pull ga ada tenaga nya
Kenapa motor mio soul saya mati terus padahal sudah dibersihkan kabruratornya
Bos knp vakum karbu mio sporty setelah diganti baru malahan gak bertenaga klo dikasih jalan.baru awal jalan tarik gas juga berat lari
Bang kalok turun gas knalpot emvak tuh knpa yah bang
Kurang pas anginnya gann
Nice info , gan 👍🏼
Makasih agan sangat bermanfaaat info nya
Ok pol mantaaap bos jos dah
Cara setel motor klx vakum berbet
Bukanya dgn posisi suara raungan tertinggi itu terlalu irit bbm bos, sehingga mesin cepat panas, alhasil komponen lain cepat rusak.
Kalau di setelan angin di putar kekiri 2,5 putaran tp mesin blm meraung itu apanya ya yg salah....
Terimakasih,,sangat membantu
Maaf saya kurang faham, maksudnya putaran screw 2,5 itu gmna
Soalnya mio saya brebet dari karbunya trus klo lagi maju knalpot nya suka bersin bersin gtu
Sama bang mio saya juga gtu penyakit nya
Obeng min di baut stelan angin di putar araah buka setelah di tutup total 2,5 putaran obeng
Mas, saya sudah ikuti cara mas, enak sih tarikan mantap, tidak brebet tapi mslhnya mnyak jadi boros, gmn solusinya mas smntara karbu saya baru, mohon pencerahan mas
Bang mau nanya, saya ikuti cara abg emang sih mantap tapi kok boros bahan bakar ya?
Tapi jadi boros,gmn itu mas
Kalau ndak salah posisi raungan tertinggi itu pas posisi setelan boros karena campuran kaya bahan bakar. Agar setelan karbu ndak boros putar lagi ke kiri hingga suara raungan menurun.
Vakum skep minta ganti baru atau filternya ganti baru.
Filter nya gan
Dugaan pertama dari vakum skep, dugaan ke 2 dari filter, dugaan ke 3 setelan angin kurang pas.
Kalau ingin irit putaran screwnya 2 putaran saja
Klau susah hidup saat mesin dingin tu gmn cara setelan pas nya..(krbu pe24)
Mio karbu saya sudah sayah putar 2,5 putaran. Tp pas tutup gas kok msh ada letupan kecil di knalpot ya bang
Mio karbu saya susah langsam bos,apa dari karet membrannya atau apanya bos
coba putaran setelan angin nya di buka lagi menjadi 3,5 / 4 putaran insha allah irit lagi
Coba ganti yg mirip kaya koin yg ada di dalam karbu
mio saya justru raungan tertinggi ada di 3,5 putaran lebih dikit suara alus bulet tapi tenaga smooth tapi kalo tenaga besar ada di 3 putaran kurang dikit cuman langsamnya kecil dan geter..
Kereta saya Mio sporty,,,apabila digas dia nyendat nyendat dan mati,,,terus diengkol lagi hidup lagi terus nyendat lagi habis tu mati lagi mesinnya...tolong saya mas bagaimana mengatasinya mas🙏🙏🙏🙏
Om kalo raungan motor nya rata aja gimana? Ga ada raungan tertinggi ny
Fino saya busi selalu hitam,padahal setelan sdh pas tarikan atas bawah dah enak,tp busi slalu hitam dan mngluarkan asap hitam,kira" apnya y bang
saya punya mio smile di RPM rendah kenapa brebet ya?
karet acv sobek biasa nya
Kalau mesin panas RPM nya naik knapa mas ya, motor Mio sporty,
Berapa putaran setelan angin angin karburator Mio smile biar irit
Bg motor Mio ku..kalok setelan angin nya di putar ke kanan malah langsam nya makin tinggi ..di putar ke kiri malah mau mati .itu kenapa bg..tolong penjelasan nya