Motor RX King adalah motor gahar yang biasa juga
disebut sebagai motor jambret. Karena
motor ini bertenaga luar biasa, maka disinilah mungkin alasannya di pakai untuk
ngejambret (mungkin).
Yamaha Rx king adalah sepeda motor dengan mesin 2 tak (2
langkah) berkapasitas 132 cc yang dibulatkan menjadi 135cc karena jika dihitung
dengan ruang yang ada diatas kepala piston tempat menempelnya busi.
Bicara soal Rx king, pastinya yang sudah ada dipikiran kita
kalau motor Rx King itu boros, motor yamaha Rx King itu suaranya bikin bising
dan lain lain sebagainya. Kenapa motor Rx King itu bising? Itu karena motor RxKing mesinnya 2 tak, pun juga desain dan
bentuk knalpotnya macam begitu. Malah makin greget deh ke telinga rasanya.
Apalagi yang dengerinnya lagi sakit gigi. Ditelan kayaknya itu motor! . Anyway
busway, ternyata motor Rx King itu bisa dibuat irit. Apakah bisa kang? Tentu
bisa. Kita hanya perlu mensetting setelan langsam karbunya saja sudah lumayan
efektif untuk membuat yamaha Rx King
tidak boros bensin. Namun dengan catatan kkita harus teliti dalam menyetelnya.
Karena salah sedikit saja, bukannya irit malah ngabisin duit. Jadi disini saya
mau berbagi pengalaman saya sewaktu dulu pernah menjadi majikan motor jambret
ini.
For your information ya, ternyata julukan yamaha Rx King
boros BBM itu ternyata memang benar dan saya sudah mengalaminya sendiri. Dulu
saya bisa menghabiskan sekitar 2 liter bensin hanya dalam menempuh jarak
sekitar 3 km saja. Wow banget, padahal waktu itu saya masih sekolah. Wah
kebayang kan gimana kurusnya badan saya akibat jarang jajan karena uangnya habis buat beli bensin
doang. Sengaja saya setting setelan karbunya menjadi setelan boros karena untuk
mengimbangi kondisi mesin yang sudah di oversize.
Ok kembali ke topik. Motor Rx King juga bisa kita setting
menjadi lebih irit tetapi tetap bertenaga.
Berikut ini caranya :
1. Sediakan obeng min plus untuk setel langsam karbunya
2. Sebelum ketahap penyetelan langsam karbu, ada baiknya
periksa dulu filter udara (biasanya untuk motor Rx King yang masih standaran
masih ada filter udaranya, namun bagi yang tidak ada filter udaranya, yasudah
biarkan saja kita lanjut ketahap selanjutnya). Untuk memastikan kalau filter
udara masih bisa digunakan, maka lihat dan pastikan tidak ada kerusakan atau
kotoran yang menyumbat filter udara. apabila memang sudah benar-benar rusak,
maka sebaiknya langsung diganti saja dengan yang baru. Namun apabila hanya
kotor saja, sebaiknya langsung dibersihkan.
Baca juga : Cara Membuat Kunci Pembuka Mangkuk CVT
3. Setelah selesai memeriksa filter udara, cek juga kondisi
busi. Pastikan busi memercikan api berwarna biru keungu-unguan.
4. Setelah busi selesai di cek, kini saatnya ke tahap stel
karbu. Tapi sebelumnya pastikan dulu jeroan karbu dalam keadaan bersih. Caranya
bongkar karbu lalu bersihkan menggunakan koas dan bensin dan alat pendukung
lainnya.
5. Ok anggap saja kita sudah selesai membersihkan jeroan
karbu. Kemudian pasang kembali karbu ketempat semula. Kini saatnya proses yang
paling ditunggu-tunggu yang membuat jantung berdebar lebih kencang dari
biasanya (halah lebay, kids jaman now)
Tahapan cara menyetel langsam sebagai berikut :
1. Pastikan motor di standar dua, lalu hidupkan mesin
2. Lalu putar screw atau jarum langsam menggunakan obeng plus
ke arah kanan hingga suara mesin meraung (biasanya diputar sekitar 2 putaran
saja suara mesin sudah tinggi) dan biarkan seperti itu jangan dulu diputar ke
kiri.
3. Setelah itu, putar juga screw atau jarum stelan udara
menggunakan obeng min ke arah kanan hingga mentok (pada kondisi ini biasanya
suara mesin akan mengecil bahkan nyaris mati), setalah itu langsung putar
kembali ke arah kiri perlahan dan carilah suara mesin dengan raungan
tertinggi (biasanya berada diantara 1 sampai 2 putaran) intinya cari di
putaran berapa suara mesin yang paling tinggi
4. Setelah mendapatkan suara mesin yang paling tinggi,
kemudian kita kembali ke screw langsam yang tadi sebelumnya kita putar. Putar
kembali screw langsam ke arah kiri menggunakan obeng plus hingga suara mesin
mengecil dan cari putaran mesin yang dirasa enak. Ini berfungsi sebagai idle
atau biasa kita sebut langsang untuk manasin
mesin di pagi hari.
Baca juga : Cara Setting karburator vakum dan skep
Baca juga : Cara Setting langsam karbu PE 28
Baca Juga : Cara pebaiki Aki Kering 100% Pasti Baru
5. Setelah semua selesai, coba raung-raungkan motor dan
pastikan tidak ada suara mberet brebet. Kalau masih ada suara brebet coba putar
kembali screw stelan udara ke arah kiri atau kanan sambil mesin diraung-raung
hingga tidak ada lagi suara mberebet berebet.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Kalau masih bingung
silakan tanyakan saja semoga kita bisa saling bantu. Jika dirasa tulisan ini
bermanfaat, share ke temen-temennya ya J
10 Komentar untuk "Cara Stel Langsam RX King Biar Bertenaga Dan Irit"
Mari bergabung bersama kami sekarang di WDQQ . ONLINE
Disini mudah menang lohh say.....
Tersedia 8 Games dalam 1 id
Minimal Depo & WD hanya 50 ribu saja
Ada bonus menarik lain yang menunggu di WDQQ . ONLINE
Contact :
BBM : D8B8BD43
Line : wedeqq
WhatsApp : +855-882-626-517 ( 24 jam Online )
Tunggu apa lagi sayy
Ayoo daftar di WDQQ . ONLINE
Punya saya gak mau di lamsam meskipun baud lamsam udah mentok ke kanan
Siap
Saya punya Jupiter mx new pake karbu Rx king langsam sih digas enak responsif tapi bensin pertamax92 (2 liter) abis dalam 4 🙏hari itu gmna y supaya irit lagi
Sangat bermanfaat sekali bang.. Terimakasih. Setelan basah RX king saya sudah pas, pake knalpot Boban Nuklir..
Udah awet itu bang kalau mau lebih awet lagi pin jarum nya di buat paling atas
Punya saya malahan gabisa boros boros solusinya gimna ya padahal pin jarum sudah paling bawah dan screw angin juga udh mentok nutup
Kalo masalah jarung skip itu bagusan kebawahin apa paling atas?
Kalau di skip lima jarum nya gimna boros engga
motor rx king saya mau lamsam. tapi pas jalan, suaranya brebet. itu kendalanya dimana ya???