Karburator PE sudah tidak asing lagi di telinga kita bukan.
Ukuran Karbu ini terbilang cukup besar jika dibandingkan dengan karburator yang
sering kita jumpai pada motor umumnya, entah itu motor bebek ataupun motor
matic. Karbu PE bisa di pasang pada tipe motor apa saja, salah satunya
dipasangkan ke motor matic, namun perlu merubah manifol atau leher angsanya
agar sesuai.
Kelebihan karbu PE 28 salah satunya yaitu performa dan
tarikan dari karbu keihin PE 28 ini
lebih responsif dan relatif mudah diatur. Sehingga sangat cocok untuk
dipasangkan ke motor stelan drag race. Namun dibalik kelebihan tentunya juga
tidak lepas dari kekurangan. Karbu PE 28 ini terbilang boros bensin dan
lagi-lagi cara penyetelan langsamnya yang lumayan agak sulit menjadi kekurangan
dari karbu PE 28 ini. Namun terlepas dari itu, karbu keihin PE 28 Original
tetap tidak pernah surut dari peminatnya, Khususnya dikalangan kids jaman now.
Tahukah temen-temen
kalau karbu PE ini ternyata terdiri dari beberapa ukuran, biasa juga disebut
sebagai karburator PE series yaitu ukuran PE 24, PE 28, PE 38. Namun kali saya
akan bahas karbu PE 28 untuk cara dan langkah-langkah yang tepat menyetel
langsamnya.
Berikut ini langkah dan tahapan menyetting langsam
karburator PE 28 :
1. Sediakan obeng min untuk menyetel screw udara atau jarum
setelan udara
2. Posisikan motor menjadi standar 2 (standar tengah)
3. Kemudian hidupkan mesin motor
4. Setelah itu, gunakan jemari manis kita (witwiiw) untuk
memutar screw langsam yang berwarna kuning searah putaran jarum jam (ke arah
kanan ). Putar hingga suara mesin menjadi tinggi dan meraung (biasanya 1
putaran saja sudah meraung) sementar biarkan seperti itu.
5. kemudian kita putar screw setelan udara (berwarna
emas yang berada di bawah sebelah kiri
dari setelan langsam) dengan menggunakan obeng min. Putar kekanan searah
putaran jarum jam hingga mentok (pada kondisi ini biasanya suara mesin akan
mengecil bahkan nyaris mati, namun jangan dibiarkan sampai mati). Kemudian
putar kembali ke arah kiri dan cari suara mesin yang paling tinggi (bisanya
pada 1 putaran saja, suara mesin sudah meraung tinggi. Idealnya kita bisa
mendapatkan putaran tinggi mesin antara 1 sampai 1,5 putaran screw)
Catatan : apabila screw stelan angin yang kita putar di bawah
1 putaran saja suara mesin sudah meraung, itu berarti ukuran lubang pilot
jetnya kekecilan. Solusinya beli dan ganti yang ukurannya 1 step lebih besar
dari ukuran pilot jet yang terpasang pada karbu PE 28 kita. Namun apabila di
atas 1,5 putaran suara mesin baru mau berubah menjadi tinggi, itu berarti pilot
jetnya kebesaran. Solusinya ganti pilot jetnya dengan ukuran yang lebih kecil
satu ukuran dari pilot jet yang terpasang pada karbu kita.
6. Nah tahap selanjutnya kita kembali lagi ke screw setelan
langsam. Putar kembali stelan langsam ke arah kiri hingga suara mesin menjadi
lebih rendah dan cari suara yang dirasa enak. Ini berfungsi sebagai idle atau
yang biasa kita sebut sebagai langsam untuk manasin motor.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Kalau masih bingung
silakan tanyakan saja semoga kita bisa saling bantu. Jika dirasa tulisan ini
bermanfaat, share ke temen-temennya ya J
2 Komentar untuk "Cara Stel Langsam Karbu PE 28 Ori"
Karbu PE 28 memiliki kekurangan yaitu sulit menemukan jetting atau idle. oleh krna itu prlu perubahan pada bagian spuyer baik itu pilot jet ataupun mine jet kalau tidak ditemukan titik ideal untuk idling. tapi jika karbu pe 28 tidak ada trouble, ya tidak usah ada penggantian jeroan karbu..
Mau tanya mass knpa PE 28 aq gk bisa stasioner ya ..aq pasang di motor beat karbu ..mohn solusinya mas ..mksih