Bicara soal aki entah itu aki kendaraan ataupun aki-aki
lainnya aki daus aki nini dan seterusnya.. he
Tentu sudah kita tahu kalau aki itu ada dua tipe, tipe
kering dan basah. Tapi konon katanya aki kering yang sudah kita tahu saat ini
bukanlah aki kering yang sebenarnya melainkan lebih tepat disebut aki basah, karena konon katanya aki ini
sebelum dipasangkan kekendaraan sudah di isikan dengan cairan accu, sedangkan
aki basah yang sudah kita tahu saat ini lebih tepat di juluki dengan sebutan
aki kering, karena konon katanya aki ini baru bisa di isi dengan cairan accu
hanya ketika aki ini mau digunakan. Jadi aki tipe ini lebih tepat disebut
dengan julukan aki kering.
Sebelum ke inti dari bahasan kita kali ini, saya mau ajak
temen-temen kenal lebih dekat lagi dengan cairan aki, aseeek... jadi intinya
supaya temen-temen gak keliru dalam pemakaiannya, karena cairan aki yang ada
saat ini yaitu ada dua (sekarang ada terobosan baru namun saya lupa apa namanya
mungkin temen-temen ada yang sudah tahu? Silakan curhat dikolom komentar) namun
kita bahas yang dua saja ya, yaitu accu zuur (asam sulfat/air keras) biasanya
dikemas dalam botol berwarna merah, namun ada juga yang dikemas dalam bentuk
botol mirip air mineral dengan tutup botol warna merah dan ada juga yang
dikemas dengan bentuk jeliken kecil warna putih, dan yang kedua yaitu air accu
atau biasa disebut air hujan atau air suling atau air tambah, karena air accu
ini tidak mengandung unsur logam atau unsur mineral. jadi aman sih asal jangan
niat buat diminum. Wkwkwk.. oh iya untuk pemakaian dari keduanya juga berbeda,
untuk accu zuur hanya bisa digunakan
pada saat aki dalam kondisi benar-benar kering dan gak ada sama sekali
cairannya, nah kalau begitu keadaanya, temen-temen tinggal beli accu zuur lalu
isikan ke aki. Sedangkan untuk air accu hanya bisa digunakan pada saat accu
zuur didalam aki berkurang dan berada di batas lower level. Faham kan? Jadi
gini, lebih gampang di praktekin di aki basah karena dia tercantum tanda batas
lower level dan juga batas uper level.
Nah jadi kalau temen-temen ngeliat air accu zuurnya berada tepat di batas lower
level, langsung isiin air accu. Terus gimana kalau cairan accu zuurnya
berkurang jauh dari batas lower level? Nah kalau ini beda lagi, temen-temen
silakan beli dulu accu zuur lalu isikan ke aki sampe batas uper level. Semoga
faham ya, kalau masih belum faham tanyain aja langsung di kolom komentar ya...
Nah sekarang kita masuk ke inti bahasan kita kali ini
tentang cara menghidupkan atau perbaiki aki kering (aki kering biasa juga
disebut aki MF).
Pertama kita harus sediakan :
- beli accu zuur (harga 4 ribuan) dan beli air accu (harga 4 ribuan)
- sediakan selang (opsional karena biasanya kalau kemasan aki bentuk jeliken sudah disediakan dengan selangnya)
- multitester atau kalau gak punya bisa pake LED kecil (cara makenya tinggal hubungkan LED ke masing-masing kutub positif dan negatif dari elemen aki)
- gergaji besi
- lem gasket atau silicon atau lem paking
- sarung tangan biar aman, karena accu zuur bikin gatal kekulit, jadi hati-hati
Tahap selanjutnya :
1. pakai dulu sarung tangannya (sarung tangan plastik)
3. setelah dipotong dan sudah terbuka bagian atas aki,
bersihkan serbuk-serbuk bekas gergaji besi yang ada didalam aki dan yang nempel
di elemen-elemen aki pakai air hangat agak panas dan juga pakai air biasa
4. setelah aki dibersihkan, lalu cek tegangan masing-masing
elemen pakai multitester. Gunanya untuk mengetahui ada kerusakan atau tidaknya
pada elemen-elemen aki. Caranya putar selektor multitester ke skala 10, lalu
tempelkan probe multitester ke kutub-kutub dari elemen-elemen aki (saya gak
menjelaskan begitu detail di tulisan ini, kalau masih bingung silakan kunjungi
dan tonton video youtube saya di channel One’Vlognesia
lalu cari aja video cara perbaiki aki kering yang mati atau soak 100%
berhasl. Maaf saya gak cantumkan alamatnya disini, karena ini blog baru harus
jaga-jaga. Hehe. Maaf jangan kesel ). Stelah probe ditempel, kalau elemen aki
masih bagus biasanya ada reaksi dari jarum multitester menunjukan ke angka
tertentu (biasanya 0,25volt sampe 3volt dan gak bakalan lebih dari itu) dan
kalau jarum tetap berada di angka nol itu berarti elemen yang kita ukur sudah
rusak. Nah apabila setelah di cek ternyata ada elemen yang rusak dan tidak ada tegangannya, maka elemen yang
rusak itu kita harus jumper atau
sambungkan ke elemen yang masih ada
tegangannya. Gimana masih bingung? Atau udah faham. Kalau masih bingung tanyain
aja langsung di kolom komentar....
tes elemen aki pakai multitester |
5. Setelah itu, masukan accu zuur (dalam kemasan botol warna
merah) ke aki, tapi jangan banyak-banyak , hanya terlihat basah saja sudah
cukup. Setelah itu baru deh tambahkan air accu (biasanya dalam botol kemasan
warna biru) beberapa tetes saja
tuangkan accu zuur dan air accu ke aki |
6. tahap selanjutnya, tutup bagian atas aki yang sudah kita
potong itu lalu olesi bagian pinggir-pinggirnya pake silicon atau pake lem
gasket atau lem paking untuk mencegah
kebocoran cairan aki nantinya, kemudian biar lebih merekat pake lem tembak.
Baca juga : cara perbesar pengapian pendongkrak kendaraan menjadi racing
olesi pinggiran dari aki yang dipotong pake lem gasket |
rekatkan potongan aki pakai lem tembak |
Baca juga : cara perbesar pengapian pendongkrak kendaraan menjadi racing
7. Kalau sudah selesai di lem, pastikan tidak ada kebocoran
pada aki, kalau masih ada rembesan cairan accu lem lagi sampai tidak rembes. Jika
semua sudah selesai, kini saatnya mengisi daya aki dengan cara mengecasnya. Just
info : casan atau chargeran aki juga bisa kok kita bikin dari adaptor laptop
bekas. Cas aki selama 20 menitan dan coba ukur lagi tegangannya pake
multitester, apakah tegangannya sudah bertambah. Kalau tidak bertambah-tambah
berarti ada yang salah pada saat jumper elemen aki. Silakan buka lagi daleman
akinya dan cek benar-benar semua elemennya
8. Setelah selesai di cas, coba pasangkan ke kendaraan temen-temen. tapi jangan dulu di starter. Bawa jalan-jalan dulu kendaraannya sekitar 30 menitan supaya bisa benar-benar di starter.
saya pakai casan dari bekas adaptor laptop |
Sekian, terimakasih semoga bermanfaat. Kalau masih bingung
silakan tanyakan dikolom komentar. Jangan ragu bertanya, kalau kamu liat belum
ada orang yg komen di bawah, ini kesempatan kamu untuk memulai hal baru yaitu
BERANI MEMULAI.
1 Komentar untuk " Cara Perbaiki Aki Kering Yang Mati 100% Berhasil"
untuk alat charger akinya bisa menggunakan adaptor casan laptop. indonesia banget... kreatif