Cara Perbaiki Aki Kering Yang Mati 100% Berhasil


 Cara Perbaiki Aki Kering Yang Mati 100% Berhasil

Bicara soal aki entah itu aki kendaraan ataupun aki-aki lainnya aki daus aki nini dan seterusnya.. he
Tentu sudah kita tahu kalau aki itu ada dua tipe, tipe kering dan basah. Tapi konon katanya aki kering yang sudah kita tahu saat ini bukanlah aki kering yang sebenarnya melainkan lebih tepat disebut  aki basah, karena konon katanya aki ini sebelum dipasangkan kekendaraan sudah di isikan dengan cairan accu, sedangkan aki basah yang sudah kita tahu saat ini lebih tepat di juluki dengan sebutan aki kering, karena konon katanya aki ini baru bisa di isi dengan cairan accu hanya ketika aki ini mau digunakan. Jadi aki tipe ini lebih tepat disebut dengan julukan aki kering.
Sebelum ke inti dari bahasan kita kali ini, saya mau ajak temen-temen kenal lebih dekat lagi dengan cairan aki, aseeek... jadi intinya supaya temen-temen gak keliru dalam pemakaiannya, karena cairan aki yang ada saat ini yaitu ada dua (sekarang ada terobosan baru namun saya lupa apa namanya mungkin temen-temen ada yang sudah tahu? Silakan curhat dikolom komentar) namun kita bahas yang dua saja ya, yaitu accu zuur (asam sulfat/air keras) biasanya dikemas dalam botol berwarna merah, namun ada juga yang dikemas dalam bentuk botol mirip air mineral dengan tutup botol warna merah dan ada juga yang dikemas dengan bentuk jeliken kecil warna putih, dan yang kedua yaitu air accu atau biasa disebut air hujan atau air suling atau air tambah, karena air accu ini tidak mengandung unsur logam atau unsur mineral. jadi aman sih asal jangan niat buat diminum. Wkwkwk.. oh iya untuk pemakaian dari keduanya juga berbeda, untuk accu zuur hanya bisa digunakan  pada saat aki dalam kondisi benar-benar kering dan gak ada sama sekali cairannya, nah kalau begitu keadaanya, temen-temen tinggal beli accu zuur lalu isikan ke aki. Sedangkan untuk air accu hanya bisa digunakan pada saat accu zuur didalam aki berkurang dan berada di batas lower level. Faham kan? Jadi gini, lebih gampang di praktekin di aki basah karena dia tercantum tanda batas lower level dan juga batas uper  level. Nah jadi kalau temen-temen ngeliat air accu zuurnya berada tepat di batas lower level, langsung isiin air accu. Terus gimana kalau cairan accu zuurnya berkurang jauh dari batas lower level? Nah kalau ini beda lagi, temen-temen silakan beli dulu accu zuur lalu isikan ke aki sampe batas uper level. Semoga faham ya, kalau masih belum faham tanyain aja langsung di kolom komentar ya...
Nah sekarang kita masuk ke inti bahasan kita kali ini tentang cara menghidupkan atau perbaiki aki kering (aki kering biasa juga disebut aki MF).
Pertama kita harus sediakan :
  1. beli accu zuur (harga 4 ribuan) dan beli air accu (harga 4 ribuan)
  2. sediakan selang (opsional karena biasanya kalau kemasan aki bentuk jeliken sudah disediakan dengan selangnya)
  3. multitester atau kalau gak punya bisa pake LED kecil (cara makenya tinggal hubungkan LED ke masing-masing kutub positif dan negatif dari elemen aki)
  4. gergaji besi
  5. lem gasket atau silicon atau lem paking
  6. sarung tangan biar aman,  karena accu zuur bikin gatal kekulit, jadi hati-hati

Tahap selanjutnya :
1. pakai dulu sarung tangannya (sarung tangan plastik)
2. potong bagian atas aki kering pakai gergaji besi

 Cara Perbaiki Aki Kering Yang Mati 100% Berhasil
ini bagian aki kering yang sudah dipotong
3. setelah dipotong dan sudah terbuka bagian atas aki, bersihkan serbuk-serbuk bekas gergaji besi yang ada didalam aki dan yang nempel di elemen-elemen aki pakai air hangat agak panas dan juga pakai air biasa
4. setelah aki dibersihkan, lalu cek tegangan masing-masing elemen pakai multitester. Gunanya untuk mengetahui ada kerusakan atau tidaknya pada elemen-elemen aki. Caranya putar selektor multitester ke skala 10, lalu tempelkan probe multitester ke kutub-kutub dari elemen-elemen aki (saya gak menjelaskan begitu detail di tulisan ini, kalau masih bingung silakan kunjungi dan tonton video youtube saya di channel One’Vlognesia lalu cari aja video cara perbaiki aki kering yang mati atau soak 100% berhasl. Maaf saya gak cantumkan alamatnya disini, karena ini blog baru harus jaga-jaga. Hehe. Maaf jangan kesel ). Stelah probe ditempel, kalau elemen aki masih bagus biasanya ada reaksi dari jarum multitester menunjukan ke angka tertentu (biasanya 0,25volt sampe 3volt dan gak bakalan lebih dari itu) dan kalau jarum tetap berada di angka nol itu berarti elemen yang kita ukur sudah rusak. Nah apabila setelah di cek ternyata ada elemen yang rusak  dan tidak ada tegangannya, maka elemen yang rusak itu kita harus  jumper atau sambungkan  ke elemen yang masih ada tegangannya. Gimana masih bingung? Atau udah faham. Kalau masih bingung tanyain aja langsung di kolom komentar....
 Cara Perbaiki Aki Kering Yang Mati 100% Berhasil
tes elemen aki pakai multitester
5. Setelah itu, masukan accu zuur (dalam kemasan botol warna merah) ke aki, tapi jangan banyak-banyak , hanya terlihat basah saja sudah cukup. Setelah itu baru deh tambahkan air accu (biasanya dalam botol kemasan warna biru) beberapa tetes saja

 Cara Perbaiki Aki Kering Yang Mati 100% Berhasil
tuangkan accu zuur dan air accu ke aki
6. tahap selanjutnya, tutup bagian atas aki yang sudah kita potong itu lalu olesi bagian pinggir-pinggirnya pake silicon atau pake lem gasket atau lem paking  untuk mencegah kebocoran  cairan aki nantinya,  kemudian biar lebih merekat  pake lem tembak.
 Cara Perbaiki Aki Kering Yang Mati 100% Berhasil
olesi pinggiran dari aki yang dipotong pake lem gasket

 Cara Perbaiki Aki Kering Yang Mati 100% Berhasil
rekatkan potongan aki pakai lem tembak

Baca juga : cara perbesar pengapian pendongkrak kendaraan menjadi racing
7. Kalau sudah selesai di lem, pastikan tidak ada kebocoran pada aki, kalau masih ada rembesan cairan accu lem lagi sampai tidak rembes. Jika semua sudah selesai, kini saatnya mengisi daya aki dengan cara mengecasnya. Just info : casan atau chargeran aki juga bisa kok kita bikin dari adaptor laptop bekas. Cas aki selama 20 menitan dan coba ukur lagi tegangannya pake multitester, apakah tegangannya sudah bertambah. Kalau tidak bertambah-tambah berarti ada yang salah pada saat jumper elemen aki. Silakan buka lagi daleman akinya dan cek benar-benar semua elemennya

 Cara Perbaiki Aki Kering Yang Mati 100% Berhasil
saya pakai casan dari bekas adaptor laptop
8. Setelah selesai di cas, coba pasangkan ke kendaraan temen-temen. tapi jangan dulu di starter. Bawa jalan-jalan dulu kendaraannya sekitar 30 menitan supaya bisa benar-benar di starter.

Sekian, terimakasih semoga bermanfaat. Kalau masih bingung silakan tanyakan dikolom komentar. Jangan ragu bertanya, kalau kamu liat belum ada orang yg komen di bawah, ini kesempatan kamu untuk memulai hal baru yaitu BERANI MEMULAI.

Related : Cara Perbaiki Aki Kering Yang Mati 100% Berhasil

1 Komentar untuk " Cara Perbaiki Aki Kering Yang Mati 100% Berhasil"

untuk alat charger akinya bisa menggunakan adaptor casan laptop. indonesia banget... kreatif