Bicar soal motor memang tidak ada matinya. Dari tahun ke
tahun, generasi ke generasi selalu ada terobosan teknologi baru yang luar
biasa. Salah satunya yaitu karburator. Karburator adalah suku cadang pada kendaraan
berbahan bakar bensin yang sangat penting fungsinya. Coba bayangkan saja kalau
kendaraan berbahan bakar bensin tidak ada karburatornya? Bagaimana mungkin
kendaran bisa digunakan secara semestinya bila karburatornya tidak ada.
Didorong?! Memang belakangan ini saya melihat ada sekelompok anak muda yang
membuat terobosan memanfaatkan gas
oktane dari bensin untuk kemudian langsung di salurkan ke ruang bakar. Konon
katanya itu bisa menekan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit,namun tetap
saja masih banyak kekurangannya. Karena dengan begitu putaran mesin tidak bisa
idle, sehingga mesin selalu meraung.
Seiring berkembangnya jaman, karbu mengalami beberapa
pengembangan guna mengatasi borosnya konsumsi bahan bakar. Dulu kita hanya
mengenal karbu tipe skep saja, namun seiring majunya teknologi, karbu tipe
vakum pun lalu kemudian digaumkan. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan
dari segi konsumsi bahan bakar. Karbu tipe vakum di gadang-gadang sebagai
terobosan baru kala itu untuk menekan borosnya konsumsi bahan bakar.
Nah ngebahas soal
irit dan boros, sebenarnya itu tergantung dari cara setting karburatornya.
Meskipun kita menggunakan karbu vakum kalau cara stel karbunya kurang
tepat, maka hasilnya pun kurang memuaskan.
Maka dari itu, berikut ini cara setting setelan udara karbu tipe vakum (banyak dipakai di motor matic dan ada beberapa di motor sport) dan karbu skep (banyak dipakai di motor bebek) :
1. Sediakan obeng min plus gunanya untuk mengatur screw
langsam dan screw udara
2. Sebelumnya posisikan terlebih dulu motor menjadi standar
dua (standar tengah)
3. Kemudian hidupkan mesin motor
4. Setelah itu, putar screw atau jarum langsam menggunakan
obeng plus ke arah kanan searah putaran jarum jam hingga suara mesin menjadi
tinggi meraung (biasanya 2 putaran penuh saja sudah meraung) biarkan dalam
kondisi seperti itu.
5. Selanjutnya kita pindah ke screw atau jarum setelan angin
yang berwarna emas. Putar jarum menggunakan obeng min ke arah kanan searah
putaran jarum jam hingga mentok (dalam kondisi seperti ini biasanya suara mesin
akan mengecil bahkan nyaris mati dan jangan sampai dibiarkan mati). Setelah itu
putar kembali ke arah kiri dan cari suara mesin yang paling tinggi.
Catatan : untuk karbu tipe vakum, putaran mesin tertinggi
biasanya bisa didapatkan pada 2,5 sampai
2,8 putaran screw. Sedangkan untuk karbu
tipe skep, putaran mesin tertinggi
biasanya bisa didapatkan pada 1,5 sampai 1,8 putaran screw. Nah, intinya
cari dan temukan putaran mesin tertinggi, maka disitulah stelan karburator yang
pas.
Baca Juga : Cara stel langsam Karbu PE 28
6. Setelah selesai menemukan putaran mesin tertinggi, kini
saatnya beralih ke jarum setelan langsam. Putar jarum langsam ke arah kiri
hingga suara mesin mengecil dan carilah suara mesin yang paling enak untuk
idle. Ini berfungsi sebagai langsam .
7. Setalah itu, coba raung-raungkan mesin motor dan pastikan
tidak ada suaram brebet brebet. Kalau masih ada suara mberet brebet coba putar
kembali jarum setelan angin ke arah kiri atau ke arah kanan dan cari putaran
tertingginya lagi, lakukan hingga suara mberebet benar-benar hilang.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Kalau masih bingung
silakan tanyakan saja semoga kita bisa saling bantu. Jika dirasa tulisan ini
bermanfaat, share ke temen-temennya ya J
1 Komentar untuk "Cara Stel langsam Karbu Vakum Dan Skep"
Mari bergabung bersama kami sekarang di WDQQ . ONLINE
Disini mudah menang lohh say...
Tersedia 8 Games dalam 1 id
Minimal Depo & WD hanya 50 ribu saja
Ada bonus menarik lain yang menunggu di WDQQ . ONLINE
Contact ;
BBM : D8B8BD43
Line : wedeqq
WhatsApp : +855-882-626-517 ( 24 jam Online )
Tunggu apa lagi sayy
Ayoo daftar di WDQQ . ONLINE